Friday, January 8, 2016

Enaknya Buah Raspberry Yang Kaya Manfaat

Posted by Tia Roozanty at 7:54 PM
Reactions: 


Oh berry.....di posting sebelumnya pernah membahas tentang si Strawberry alias stroberi alias stobeli (ini versi aku....hihi). Stroberi adalah buah favorit aku.... Nah, ceritanya sepupuku yang baik hati, tidak sombong dan masih jomblo itu, di suatu hari yang indah membawakan aku bukan hanya stroberi tapi Raspberry dan blueberry. Waaaahh.....  Disitu awal mula makan Raspberry ..... Dan enaaaaakk.....!!! Banget....! Baunya tuh ....hemmmm..... Subhanallah. 

Sejak itu jadi penasaran dengan Raspberry. Siapakah dia?


Asal Usul Buah Raspberry 

Raspberry merupakan kategori buah yang masuk kedalam family anggur, raspberry atau frambos ini berasal dari genus Rubus. Namun standar bahasa Inggris memberi nama buah ini dengan nama Rubus idaeus. Buah ini sulit ditemukan di Indonesia, namun yang paling umum buah ini biasanya ditemukan dalam bentuk selai atau sirup frambosia.

Buah Raspberry merupakan komoditas pertanian penting yang digunakan dalam pembuatan berbagai olahan makanan seperti buah kering, selai, jus, sorbet  atau dimakan sebagai buah segar.

Rasberry termasuk rumpun  mawar, raspberry adalah semak abadi tumbuh enam kaki, menghasilkan batang kayu dengan duri. Daun berwarna hijau pucat terdiri dari 3-7 selebaran. Bunganya berwarna putih dan berubah menjadi merah atau hitam, buah berair. Asli dari Eropa, tanaman bisa sangat invasif di beberapa tempat, tumbuh liar di hutan, semak, dan padang rumput, di lereng bukit dan pinggir jalan.Umumnya dibudidayakan di banyak daerah beriklim dingin,dan  panas. Daun dikumpulkan pada awal musim panas, sedangkan buah dikumpulkan saat masak, juga di musim panas.

Raspberry telah lama menjadi obat rumah tangga favorit, terutama disukai untuk mempercepat persalinan. Pada 1735, para tabib Irlandia, K’Eogh dianjurkan menggunakan bunga dan madu untuk radang mata, demam, dan bisul.

Selama berabad-abad, penduduk asli Amerika  telah menggunakan raspberry  dan ekstrak untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kehamilan. Pada tahun 1830, Constantine Rafinesque mencatat ada hampir tiga puluh spesies liar yang digunakan untuk mengobati kolera, “infantum”, disentri, dan diare.Buah yang matang  dibuat menjadi manisan, selai, jeli, dan sirup yang digunakan untuk mengobati penyakit lainnya. Dokter abad ke-19 juga menggunakan akar untuk tujuan yang sama.

Buah raspberry merah secara resmi terdaftar di AS Farmakope 1882-1905 dan dalam formularium Nasional dari 1916 sampai 1942. Jus terdaftar dalam formularium Nasional 1942-1950, dan telah terdaftar di AS Pharmocopoeia sejak 1950 . Hal ini digunakan dalam pembuatan sirup raspberry, bagi  farmasi digunakan untuk menyamarkan rasa tidak enak dari obat-obatan.

Buah Raspberry yang matang berwarna merah, hitam, ungu atau kuning keemasan sepenuhnya tergantung jenisnya dan rasanya manis. Berbeda dengan berry lainnya, buah Raspberry memiliki rongga di tengah setelah diambil tangkainya dengan berat sekitar 4 g/buah. Pemanfaatan Raspberry adalah untuk selai, buah segar dan jus. Selain itu Raspberry juga banyak mengandung Vitamin C, polyphenol antioxidant serta anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Raspberry, tanaman abadi dengan warna cerah dan rasa, mungkin bukan buah merah yang paling populer di pasar, tetapi buah tersebut sudah pasti sehat. Raspberry dapat melindungi terhadap banyak penyakit, memiliki banyak konten nutrisi lain, dan juga lezat. Raspberry datang dalam banyak varietas, memiliki banyak manfaat kesehatan, dan memiliki sejarah yang menarik.
 
Bukan saja membuat sehat dan sangat lezat, raspberry juga datang dalam banyak variasi, termasuk Raspberry Korea, Eropa Red Raspberry, Western Raspberry, Blue Raspberry, Black Raspberry, Wine Raspberry, dan American Red Raspberry. Beberapa ahli percaya tanaman raspberry Eurasia dan Amerika merah milik spesies tunggal, idaeus Rubus, dengan tumbuhan Eropa dikategorikan sebagai subsp R. idaeus. idaeus atau var R. idaeus. idaeus, dan Amerika Utara raspberry merah dikategorikan sebagai subsp R. idaeus. strigosus, atau var R. idaeus. strigosus.


Kandungan Nutrisi Raspberry 

Raspberry mengandung serat dan rendah lemakjenuh. Jumlah kalori per 100 gram raspberry hanya sekita 52 kalori dan punya serat 6,5 gram. Buah ini kaya dengan fitokimia fenolik flavonoid berupa antosianin, assam ellagic (tannin), quercetin, asam galat, cyanidin, katein, kaempferol, dan asam salisilat. Semua bentuk antioksidan tersebut memberikan manfaat dalam memerangi pengaruh buruk radikal bebas seperti kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit degeneratif saraf.
Dalam raspberry juga terkandung xylitol yang biasa dipakai untuk pemains alami pengganti gula. Ada pula kandungan vitamin A, B kompleks, C, E, kalium, mangan, tembaga, besi dan magnesium.


Manfaat Kebaikan Raspberry 

* Dengan antioksidan, raspberry membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan dengan demikian, mencegah kerusakan pada membran sel & struktur lainnya.
* Raspberry bisa menahan proliferasi sel kanker dan bahkan pembentukan tumor di berbagai bagian tubuh, termasuk usus besar.
* Mengkonsumsi sehari-hari 3 atau lebih porsi raspberry telah terlihat untuk menurunkan risiko yang berkaitan dengan usia degenerasi makula (ARMD), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua.
* Anthocyanin hadir dalam raspberry telah ditemukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan juga menunda efek penuaan.
* Kehadiran asam salisilat dalam raspberry mungkin memperlambat aterosklerosis (pengerasan arteri).
* Raspberry adalah sumber yang baik dari quercetin, antioksidan yang mengurangi pelepasan histamines dan dengan demikian, meminimalkan reaksi alergi.
* Mangan dan vitamin C, nutrisi antioksidan dua di raspberry, membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan yang berhubungan dengan oksigen.
* Raspberry adalah salah satu dari beberapa buah konsumsi yang tidak akan banyak berpengaruh pada kadar gula darah tubuh.
* Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin raspberry adalah baik untuk mereka yang menderita peradangan dan nyeri.


Semoga informasi tentang buah Raspberry yang diambil dari berbagai sumber ini bisa menjadi manfaat. Terima kasih telah membaca.

0 comments:

Post a Comment

 

My story Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review