Thursday, January 5, 2012

2012, Isu Kiamat Dan Tsunami Matahari

Posted by Tia Roozanty at 4:03 AM
Reactions: 
Fenomena 2012 adalah serangkaian kepercayaan dan rencana yang menyebutkan bahwa peristiwa bencana atau transformatif akan terjadi di tahun 2012. Yang paling santer adalah ramalan suku maya tentang kiamat dan tsunami matahari. Yuk, kita kilik-kilik infonya....

Fenomena Kiamat Suku Maya

Kalimat kiamat di dalam bahasa Indonesia adalah hari kehancuran dunia, kata ini diserap dari bahasa Arab "Yaum al Qiyamah" , yang arti sebenarnya adalah hari kebangkitan umat. Sedangkan hari kiamat (kehancuran alam semesta beserta isinya) dalam bahasa Arab adalah "As-Saa'ah".

Perkiraan kiamat suku maya didasarkan pada apa yang diklaim sebagai tanggal akhir dari kalender Hitungan Panjang Maya yang merentang selama 5.125 tahun dan berakhir pada 21 atau 23 Desember 2012. Pendapat yang mendukung penanggalan ini berasal dari arkeoastronomi amatir, penerjemahan alternatif mitologi, konstruksi numerologi, dan ramalan dari makhluk ekstraterestrial.

Ramalan akan adanya kiamat pada 2012 dari suku Maya sebenarnya belum diketahui dasar perhitungannya. Tetapi issu ini sudah menyebar luas lewat media Internet. Sebagai Muslim aku meyakini dan percaya akan datangnya kiamat. Namun yang pastinya kapan hanya Allah yang tahu. Kita hanya diberitahu tanda-tandanya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

"Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya …"
(QS Al Hajj : 7)

" Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang, maka maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik"
(QS Al Hijr : 85)

Meski mengatas namakan ramalan Suku Maya, baru-baru ini Apolinario Chile Pixtun, tetua Suku Maya justru menampik. Ia mengatakan hal tersebut hanya gambaran orang-orang Barat dan bukan berasal dari suku mereka. Bahkan jika sukunya ditanyakan apakah mengerti benar hal tersebut, mereka justru tidak mengetahuinya. Keraguan ini diperkuat dengan data pada stone tablet (tablet batu), yang menjadi dasar argumentasi kiamat, tidak terbaca semua karena ada bagian yang terlewatkan. Dibawah ini adalah gambar kalender suku maya.


Hal serupa juga dikatakan David Stuart, seorang peneliti Suku Maya dari Universitas Texas, Amerika Serikat. Baginya, ramalan kiamat 2012 tak berdasar. Suku Maya tidak hendak mengatakan dunia akan berakhir, namun sekadar merekam ulang tahun penciptaan.

Barat telah banyak menyematkan skenario kehancuran bumi pada Suku Maya, meski jarang menguji kenyataan saat ini dengan prediksi tersebut. Jika demikian mana yang benar? Jawabannya Al-Quran dan As-Sunah.

Tsunami Matahari

Tsunami matahari merupakan fenomena pada matahari ketika terjadiCME (Coronal Mass Ejection) atau "pelontaran massa", yang biasanya akibat letusan pada bintik matahari, dan disertai dengan lepasnya milyaran ton awan gas dan menyebabkan "tsunami bergulung" dipermukaan matahari.

Tsunami matahari merupakan siklus biasa yang terjadi setiap 11 tahun. Namun, siklus itu diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 2012-2013.

Matahari sebagai bintang terdekat dengan bumi, memang menyisakan misteri bagi para Ilmuwan. Sejak lama, para ahli matahari telah mendeteksi bahwa di permukaan matahari dapat terjadi gelombang plasma panas dan bermedan magnet yang bergulung dengan skala luar biasa, seakan-akan seperti sebuah "gelombang tsunami." Tapi pada awalnya, sebagian peneliti menganggap bahwa gelombang pada permukaan matahari tersebut hanyalah sebuah "ilusi" atau "fatamorgana".

Pada bulan Februari 2009, pesawat ruang angkasa kembar, STEREO (Solar Terrestrial Relations Observatory) mengkonfirmasi kebenaran tsunami matahari, saat bintik matahari 11012 secara tak terduga meletus. Letusannya melepaskan miliaran ton awan gas (coronal mass ejection/ CME) ke ruang angkasa dan menimbulkan gelombang panas tsunami sepanjang permukaan Matahari. Dibawah ini gambar solar flare.


Ledakan dari lidah api matahari (corona) memang dapat melepaskan hingga trilyunan ton partikel bermuatan energi. Sejak lama, para ahli dari badan penelitian cuaca Amerika telah memperingatkan bahwa sejak tahun 2000, matahari akan mengalami tingkat aktivitas yang mencapai maksimum dengan terjadinya serangkaian ledakan (solar flare). Ledakan-ledakan inilah yang mungkin memicu terjadinya "gelombang tsunami bergulung" pada permukaan matahari, yang dikenal dengan sebutan Tsunami Matahari.

Minggu 1 Agustus 2010 Goddard Space Flight Center menemukan ledakan matahari dimana ledakan itu mengirimkan gas dalam jumlah besar ke arah bumi dengan kecepatan 1 juta mil/jam. Pada 2012 hingga 2015 bintik matahari diperkirakan mencapai titik yang sangat banyak dan itu akan memicu banyak ledakan.

Peneliti antariksa di dunia memprediksi akan terjadi badai matahari pada pertengahan 2013. Tsunami matahari itu adalah terjadinya peningkatan aktivitas matahari berupa medan magnet, bintik matahari, ledakan matahari, lontaran massa korona, angin surya, dan partikel energetik. Tsunami matahari itu diperkirakan akan terjadi tahun 2012-2015.


Dampak Tsunami matahari 2013 cuma sistem teknologi yang terpengaruh, misalnya, rusaknya satelit sehingga mengganggu jaringan komunikasi. Dampak lainnya dari tsunami matahari ini juga dapat mengganggu medan magnet bumi. Seperti tahun 1989 saat badai matahari menyerang Kanada, terjadi pemadaman listrik karena trafo di pusat jaringan listrik terbakar akibat arus yang sangat besar di bawah permukaan bumi.

Tsunami matahari pernah juga melanda bumi pada 1 September 1859. Namun, kala itu tak terlalu berdampak karena kehidupan di masa itu belum ditopang listrik.

Tsunami matahari ini dapat diantisipasi agar tidak menimbulkan kerusakan, seperti mematikan sementara jaringan satelit dan jaringan listrik pada saat terjadi badai matahari.

Ancaman tsunami matahari yang berpotensi menghantam bumi pada 2012 inilah yang sempat menguatkan mitos mengenai akhir dunia atau kiamat pada 2010. Sebuah mitos yang tak cukup bukti ilmiah untuk dipercaya.


Bagaimanapun semua kehendak Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sebagai manusia kita berusaha dengan ilmu pengetahuan. Selebihnya berdoa dan beribadah. Mengimani hari kiamat dan segala bencana datangnya dari Allah. Tidak perlu takut mati jika memang kita bukan golongan yang cinta dunia. Berbuat sebaik mungkin untuk keselamatan di dunia dan akhirat.

Wallahu a'lam







Sumber :
• http://m.vivanews.com/news/read/168816-efek-badai-matahari-bagi-bumi
• http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/2034620-tsunami-matahari/
• http://kataberita.wordpress.com/2010/04/29/indonesia-terkena-tsunami-matahari-2013/
• http://m.liputan6.com/read/247300/Suku.Maya.Menampik.Ramalan.Kiamat.2012

3 comments:

tmm999 said...

sangat menarik, jadi tau nih fenomena alam,,, ^_^
<a href="http://tmm999.blogspot.com/><b>999 Blog</b></a>

Tia Roozanty said...

Iya sama ku juga baru tau....heheheee. Tengkyu udah mampir ^•^

tmm999 said...

Maaf ya kodenya ga muncul, jadi keluar semua tuh,,, ^_^

Post a Comment

 

My story Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review