Wednesday, February 3, 2016

Doa Adalah Obat

Posted by Tia Roozanty at 7:48 PM
Reactions: 
0 comments Links to this post



DOA ADALAH OBAT

Pernahkah kamu memiliki pengalaman ketika membawa anak, orang tua, atau saudara periksa ke dokter lantas belum minum obat dari dokter setelah pulang periksa pasien yang kita antar sudah merasa lebih baik walau belum minum obat? 

Ya, ternyata penyembuhan penyakit itu terbukti tidak melulu hanya ditentukan dengan obat minum atau suntik. Banyak faktor lain yang dapat mendukung upaya penyembuhan seseorang. 

Beberapa faktor penting diantaranya menurut kami adalah sebagai berikut:

1. Sugesti: seorang pasien harus memiliki sugesti untuk sembuh. Tanamkan dalam pikiran bahwa yakin dokter yang memeriksa kita dan obat yang diberikan dapat membantu upaya penyembuhan dengan baik. 

2. Keyakinan: saya pasti sembuh! Kita harus punya keyakinan bisa melawan penyakit yang bersarang dalam tubuh. Dengan keyakinan kita akan mempunyai semangat dalam menjalani pengobatan sehingga tidak cepat menyerah dan bosan menjalani pengobatan. 

3. Dorongan Keluarga: jangan biarkan mereka sendiri melawan penyakit. Berikan motivasi dan dampingi dlm menjalani terapi. Dukungan dari keluarga sangat berarti, perhatian sekecil apapun akan semakin menguatkan mereka yang sedang sakit. 

4. Doa: kekuatan doa sungguh sangat luar biasa. Tidak ada doa yg tdk dikabulkan jika kita mau terus meminta pada Tuhan, apa lagi doa orang-orang yang sedang terbaring lemah karena  sakit. 

Sekali lagi obat suntik, kapsul, puyer, sirup, itu hanyalah salah satu bagian kecil dari penyembuhan sebuah penyakit namun ada bagian2 lain yg tak kalah penting bagi upaya penyembuhan penyakit yg diderita seseorang yaitu kekuatan sugesti dan doa.


Sumber : @konsuldokter

Friday, January 8, 2016

Enaknya Buah Raspberry Yang Kaya Manfaat

Posted by Tia Roozanty at 7:54 PM
Reactions: 
0 comments Links to this post


Oh berry.....di posting sebelumnya pernah membahas tentang si Strawberry alias stroberi alias stobeli (ini versi aku....hihi). Stroberi adalah buah favorit aku.... Nah, ceritanya sepupuku yang baik hati, tidak sombong dan masih jomblo itu, di suatu hari yang indah membawakan aku bukan hanya stroberi tapi Raspberry dan blueberry. Waaaahh.....  Disitu awal mula makan Raspberry ..... Dan enaaaaakk.....!!! Banget....! Baunya tuh ....hemmmm..... Subhanallah. 

Sejak itu jadi penasaran dengan Raspberry. Siapakah dia?


Asal Usul Buah Raspberry 

Raspberry merupakan kategori buah yang masuk kedalam family anggur, raspberry atau frambos ini berasal dari genus Rubus. Namun standar bahasa Inggris memberi nama buah ini dengan nama Rubus idaeus. Buah ini sulit ditemukan di Indonesia, namun yang paling umum buah ini biasanya ditemukan dalam bentuk selai atau sirup frambosia.

Buah Raspberry merupakan komoditas pertanian penting yang digunakan dalam pembuatan berbagai olahan makanan seperti buah kering, selai, jus, sorbet  atau dimakan sebagai buah segar.

Rasberry termasuk rumpun  mawar, raspberry adalah semak abadi tumbuh enam kaki, menghasilkan batang kayu dengan duri. Daun berwarna hijau pucat terdiri dari 3-7 selebaran. Bunganya berwarna putih dan berubah menjadi merah atau hitam, buah berair. Asli dari Eropa, tanaman bisa sangat invasif di beberapa tempat, tumbuh liar di hutan, semak, dan padang rumput, di lereng bukit dan pinggir jalan.Umumnya dibudidayakan di banyak daerah beriklim dingin,dan  panas. Daun dikumpulkan pada awal musim panas, sedangkan buah dikumpulkan saat masak, juga di musim panas.

Raspberry telah lama menjadi obat rumah tangga favorit, terutama disukai untuk mempercepat persalinan. Pada 1735, para tabib Irlandia, K’Eogh dianjurkan menggunakan bunga dan madu untuk radang mata, demam, dan bisul.

Selama berabad-abad, penduduk asli Amerika  telah menggunakan raspberry  dan ekstrak untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kehamilan. Pada tahun 1830, Constantine Rafinesque mencatat ada hampir tiga puluh spesies liar yang digunakan untuk mengobati kolera, “infantum”, disentri, dan diare.Buah yang matang  dibuat menjadi manisan, selai, jeli, dan sirup yang digunakan untuk mengobati penyakit lainnya. Dokter abad ke-19 juga menggunakan akar untuk tujuan yang sama.

Buah raspberry merah secara resmi terdaftar di AS Farmakope 1882-1905 dan dalam formularium Nasional dari 1916 sampai 1942. Jus terdaftar dalam formularium Nasional 1942-1950, dan telah terdaftar di AS Pharmocopoeia sejak 1950 . Hal ini digunakan dalam pembuatan sirup raspberry, bagi  farmasi digunakan untuk menyamarkan rasa tidak enak dari obat-obatan.

Buah Raspberry yang matang berwarna merah, hitam, ungu atau kuning keemasan sepenuhnya tergantung jenisnya dan rasanya manis. Berbeda dengan berry lainnya, buah Raspberry memiliki rongga di tengah setelah diambil tangkainya dengan berat sekitar 4 g/buah. Pemanfaatan Raspberry adalah untuk selai, buah segar dan jus. Selain itu Raspberry juga banyak mengandung Vitamin C, polyphenol antioxidant serta anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Raspberry, tanaman abadi dengan warna cerah dan rasa, mungkin bukan buah merah yang paling populer di pasar, tetapi buah tersebut sudah pasti sehat. Raspberry dapat melindungi terhadap banyak penyakit, memiliki banyak konten nutrisi lain, dan juga lezat. Raspberry datang dalam banyak varietas, memiliki banyak manfaat kesehatan, dan memiliki sejarah yang menarik.
 
Bukan saja membuat sehat dan sangat lezat, raspberry juga datang dalam banyak variasi, termasuk Raspberry Korea, Eropa Red Raspberry, Western Raspberry, Blue Raspberry, Black Raspberry, Wine Raspberry, dan American Red Raspberry. Beberapa ahli percaya tanaman raspberry Eurasia dan Amerika merah milik spesies tunggal, idaeus Rubus, dengan tumbuhan Eropa dikategorikan sebagai subsp R. idaeus. idaeus atau var R. idaeus. idaeus, dan Amerika Utara raspberry merah dikategorikan sebagai subsp R. idaeus. strigosus, atau var R. idaeus. strigosus.


Kandungan Nutrisi Raspberry 

Raspberry mengandung serat dan rendah lemakjenuh. Jumlah kalori per 100 gram raspberry hanya sekita 52 kalori dan punya serat 6,5 gram. Buah ini kaya dengan fitokimia fenolik flavonoid berupa antosianin, assam ellagic (tannin), quercetin, asam galat, cyanidin, katein, kaempferol, dan asam salisilat. Semua bentuk antioksidan tersebut memberikan manfaat dalam memerangi pengaruh buruk radikal bebas seperti kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit degeneratif saraf.
Dalam raspberry juga terkandung xylitol yang biasa dipakai untuk pemains alami pengganti gula. Ada pula kandungan vitamin A, B kompleks, C, E, kalium, mangan, tembaga, besi dan magnesium.


Manfaat Kebaikan Raspberry 

* Dengan antioksidan, raspberry membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan dengan demikian, mencegah kerusakan pada membran sel & struktur lainnya.
* Raspberry bisa menahan proliferasi sel kanker dan bahkan pembentukan tumor di berbagai bagian tubuh, termasuk usus besar.
* Mengkonsumsi sehari-hari 3 atau lebih porsi raspberry telah terlihat untuk menurunkan risiko yang berkaitan dengan usia degenerasi makula (ARMD), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua.
* Anthocyanin hadir dalam raspberry telah ditemukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan juga menunda efek penuaan.
* Kehadiran asam salisilat dalam raspberry mungkin memperlambat aterosklerosis (pengerasan arteri).
* Raspberry adalah sumber yang baik dari quercetin, antioksidan yang mengurangi pelepasan histamines dan dengan demikian, meminimalkan reaksi alergi.
* Mangan dan vitamin C, nutrisi antioksidan dua di raspberry, membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan yang berhubungan dengan oksigen.
* Raspberry adalah salah satu dari beberapa buah konsumsi yang tidak akan banyak berpengaruh pada kadar gula darah tubuh.
* Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin raspberry adalah baik untuk mereka yang menderita peradangan dan nyeri.


Semoga informasi tentang buah Raspberry yang diambil dari berbagai sumber ini bisa menjadi manfaat. Terima kasih telah membaca.

Wednesday, January 6, 2016

Mengenal Rahmah EL-Yunusiyyah : Pahlawan, Pendidik dan Pelopor

Posted by Tia Roozanty at 7:26 PM
Reactions: 
0 comments Links to this post

Rahmah El Yunusiyyah, Mujahidah tanpa Emansipasi


Di antara para pahlawan Nasional, terdapat sederet nama-nama wanita dari berbagai daerah dan beragam cara berjuangnya. Kalau Cut Nyak Dien dan Keumalahayati berjuang dengan mengangkat senjata tanpa mendirikan sekolah, sementara Dewi Sartika berjuang dengan mendirikan sekolah tanpa mengangkat senjata. Tapi selain mereka, lihatlah Rahmah El Yunusiyah, yang berjuang dengan mendirikan sekolah sekaligus mengangkat senjata. Dan ia pertaruhkan seluruh jiwa raganya demi agama.

Jilbabnya yang panjang nan lebar melebihi dada selalu dikenakannya, memperlihatkan didikan dan penanaman agama yang sangat kuat pada dirinya.

“Kalau saya tidak mulai dari sekarang, maka kaum saya akan tetap terbelakang. Saya harus mulai, dan saya yakin akan banyak pengorbanan dituntut dari diri saya”, kata Rahmah El Yunusiyah suatu hari bertekad.

Ia merasa gelisah ketika melihat perempuan di daerahnya belum mendapatkan pendidikan yang sama seperti yang didapatkan laki-laki, utamanya pendidikan agama. Padahal Islam sendiri tidak pernah membatasi perempuan untuk menuntut ilmu. Ia gelisah, karena kaumnya masih terjerat dengan kebodohan dan ia ingin mengeluarkan kaumnya dari jerat kebodohan melalui pendidikan. Rahmah sadar benar bahwa hanya dengan pendidikan lah, ia bisa memajukan kaumnya dan bisa mengeluarkan kaumnya dari ketertinggalan.

Pelopor Pendidikan Perempuan

Rahmah El Yunusiyah lahir pada tanggal 1 Rajab 1318 Hijriyah atau 20 Desember 1900. Bukit Surungan, Padang Panjang menjadi saksi bahwa dari sanalah calon Mujahidah lahir dan tumbuh. Anak bungsu dari lima bersaudara ini terlahir dari seorang Ayah yang bekerja sebagai Hakim dan ahli Ilmu Falak (astronomi) bernama Muhammad Yunus bin Imanuddin dengan seorang ibu bernama Rafi’ah.

Rahmah kecil telah mendapat pendidikan formal sekolah dasar selama tiga tahun di kota kelahirannya, Padang Panjang. Saat ia berusia 15 tahun, pendidikan bahasa Arab dan Latin ia dapatkan dari Diniyah School (1915) dan dari kedua kakaknya, Zaenuddin Labay dan Muhammad Rasyid. Setiap sore, Rahmah remaja rutin mengaji pada Haji Abdul Karim Amrullah yang merupakan ayah dari Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau HAMKA di surau Jembatan Besi, Padang Panjang.

Saat berumur 23 tahun, Rahmah nampak sempurna dan begitu istimewa untuk ukuran perempuan seusianya. Keinginan besarnya untuk memajukan keilmuan kaumnya dan mengeluarkan kaumnya dari kebodohan begitu bergelora. Karena bagi Rahmah sendiri, perempuan memiliki peran yang penting dalam kehidupan, utamanya dalam rumah tangga. Karena rumah tangga adalah bagian dari tiang masyarakat dan masyarakat adalah tiang negara. Tentulah ia tidak mau, kaumnya yang mempunyai peran penting dalam tiang negara dan pendidikan anak-anaknya tertinggal dari laki-laki.


Akhirnya pada tanggal 01 November 1923, Rahmah dengan dukungan dari kakaknya, Zaenuddin Labay dan teman-teman perempuannya di PMDS (Persatuan Murid-murid Diniyyah School) memutuskan untuk mendirikan sekolah khusus Perempuan yang dinamai Diniyah School Putri atau Madrasah Diniyah li al-Banat yang bertempat di Masjid Pasar Usang.

Saat itu, muridnya masih berjumlah 71 orang dan terdiri dari ibu-ibu muda, termasuk putri dari Teungku Panglima Polim dan Hajjah Rangkayo Rasuna Said. Pelajaran yang ajarkan yaitu ilmu agama dan tata bahasa Arab, namun belakangan sekolah ini menerapkan pendidikan modern dengan menggabungkan pendidikan agama, pendidikan sekuler dan pendidikan keterampilan.

“Diniyah School Puteri ini selalu akan mengikhtiarkan penerangan agama dan meluaskan kemajuannya kepada perempuan-perempuan yang selama ini susah mendapatkan penerangan agama Islam dengan secukupnya daripada kaum Lelaki…, Inilah yang menyebabkan terjauhnya penerangan perempuan Islam daripada penerangan agamanya sehingga menjadikan kaum perempuan itu rendam karam ke dalam kejahilan”, kata Rahmah.

Tiga tahun kemudian, gempa hebat mengguncang Sumatera Barat pada tahun 1926, bangunan sekolah dan asrama yang baru ia rintis luluh lantak, meski begitu Rahmah tidak menangis, Rahmah langsung bangkit kembali. Dengan susah payah, ia membangun kembali sekolahnya dengan batangan bambu dua lantai berukuran 12×7 m2 dan menghimpun kembali para muridnya.

Namun, rupanya hal itu tidak cukup, bersama pamannya ia menjelajahi Aceh, Sumatera Utara hingga menyebrangi selat malaka untuk mencari bantuan dana ke Malaysia. Ternyata usahanya tidak sia-sia, Rahmah berhasil mengumpulkan dana yang cukup besar, yaitu sekitar 1569 gulden.
Kiprahnya dalam memajukan pendidikan bagi perempuan, tidak hanya membangun Diniyyah Putri School, tapi Rahmah juga mempelopori sekolah khusus perempuan.

Pada tahun 1955, Rektor Universitas Al Azhar Kairo, Syaikh Abdurrahman Taj berkunjung ke Diniyyah Putri School, ia tertarik dengan sistem pembelajaran khusus yang ada di sekolah tersebut. Dari sana, ia menimba pengalaman dari sekolah yang didirikan oleh Rahmah. Tidak lama setelah kunjungan tersebut, kampus Islam tertua di dunia itu membuka pendidikan khusus Perempuan yang bernama kulliyyรขt al-banรขt. Waktu itu memang, Al Azhar belum memiliki sekolah pendidikan khusus perempuan.

Dari rektor Al Azhar ini pula, pada tahun 1957, Rahmah mendapat gelar Syaikhah, gelar istimewa yang diberikan hanya untuk orang-orang yang ahli dalam bidang tertentu dan menguasai khazanah ilmu-ilmu keislaman. Gelar tersebut setara dengan gelar Syaikh Mahmoud Shaltout, yang merupakan mantan Rektor Al Azhar.

Menolak Kesetaraan Gender

Pada saat Rahmah masih hidup, gelombang dan wacana tentang emansipasi dan kesetaraan gender di Barat masih terus berlanjut. Meski demikian hal ini tidak mempengaruhi sikap dan pemikirannya, ia tetap pada fitrahnya sebagai perempuan. Cicit atau keturunan keempat Rahmah, Fauziah Fauzan El Muhammady pun mengakui hal ini.

“Apa pandangan Bunda Rahmah terhadap emansipasi wanita? Mengacu pada surat an-Nahl ayat 97 bahwa barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Jadi bunda Rahmah menganggap tidak ada lagi emansipasi wanita karena Islam sudah memberikan porsi”, kata Fauziah Fauzan, pemimpin Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang.

Meski menentang pembatasan mencari ilmu bagi perempuan, namun Rahmah tidak serta merta menjadi seorang Feminis, hal ini terlihat saat Rahmah mengikuti kongres Kaum Perempuan di Batavia pada tahun 1935, ia mewakili kaum ibu Sumatera Tengah.
Dalam kongres tersebut ia memperjuangkan pemakaian busana perempuan Indonesia yang hendaknya memakai kerudung. Selain itu, dalam kongres tersebut, ia juga berusaha memberikan ciri khas budaya Islam ke dalam kebudayaan Indonesia.

Mujahidah Sejati

Jati dirinya sebagai mujahidah sejati, tetap ia buktikan saat menentang pemerintah Jepang yang kala itu masih menjajah Indonesia, ia dan temannya mendirikan organisasi sosial politik seperti ADI (Anggota Daerah Ibu) Sumatera Tengah, tujuannya untuk menentang pengerahan kaum perempuan Indonesia terutama di Sumatera Tengah sebagai jugun ianfu (perempuan penghibur) tentara Jepang.

Kelompok ini menuntut pemerintah Jepang agar menutup rumah kuning (istilah untuk prostitusi waktu itu) karena tidak sesuai dengan kebudayaan dan agama yang dipeluk oleh bangsa Indonesia. Ternyata tuntutan itu berhasil. Perempuan Indonesia tidak lagi menjadi budak pemuas nafsu seks tentara Jepang. Sebagai gantinya, Jepang mendatangkan perempuan-perempuan dari Singapura dan Korea.

Begitu pun saat masa pemerintahan Soekarno, Rahmah berani dan rela dikucilkan Soekarno, karena menentang kedekatan antara presiden Indonesia pertama ini dengan Komunis. Meski dicap sebagai pemberontak oleh pemerintah pusat saat itu karena bergabung dengan PRRI/PERMESTA, namun Rahmah tidak perduli dan menerima kebencian Soekarno pada dirinya dengan lapang dada.

Tidak cukup berhenti sampai di situ, pada tanggal 12 Oktober 1945, Rahmah mempelopori berdirinya TKR (Tentara Keamanan Rakyat) yang anggotanya berasal dari Gyu Gun Ko En Kai atau Laskar Rakyat. Dapur asrama dan harta miliknya direlakan untuk pembinaan TKR yang rata-rata masih muda usia. Ia tidak hanya terkait dengan BKR, TKR, TRI (kemudian berubah jadi TNI), tetapi juga mengayomi barisan pejuang yang dibentuk organisasi Islam seperti laskar Sabilillah, laskar Hizbullah dan lain-lain. Karena sifatnya yang mengayomi, pemuda-pemuda pejuang kemerdekaan menyebutnya sebagai Bundo Kanduang dari barisan perjuangan.

Pada tahun 1952-1954, Rahmah menjadi anggota Dewan Pimpinan Pusat Masyumi di
Jakarta dan terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Sementara untuk periode tahun 1955-1958.

Rahmah menghembuskan nafas terakhirnya pada malam Idul Adha, tanggal 26 Februari 1969. Setidaknya ia telah memberikan kita, kaum perempuan, banyak pelajaran, bahwa menjadi pejuang, menjadi seorang Mujahidah, tidak perlu sampai mengorbankan kewajiban kita sebagai Ibu dan Wanita. Cukuplah Khadijah, Aisyah, Khansa dan Rahmah El Yunusiyah sebagai contoh kita bahwa betapa mulianya tugas kita di hadapan-Nya.

Referensi :
Beberapa bahan diambil dari Keterangan langsung Fauziah Fauzan saat mengisi Seminar Kepahlawanan tanggal 10 November 2012 di Universitas Negeri Jakarta.
Dialog Rahmah diambil dari buku Jajat Burhanuddin, Tentang Perempuan Islam : Wacana dan Gerakan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.
Ahmad Rifa’I, Pahlawan Muslimah tanpa Penghargaan, http://ranahbundo.blogspot.com
Abdullah Ubaid Matraji, Rahmah El Yunusiyah Pendiri Diniyyah Putri Padang Panjang, http://buyamasoedabidin.blogspot.com/…/rahmah-el-yunusiah-p…
Unknown, http://anaksaleh.com/…/70-t…/346-syaikhah-rahmah-el-yunusiah

http://thisisgender.com/rahmah-el-yunusiyyah-mujahidah-dan…/
sumber: thisisgender.com (05)

Sunday, November 1, 2015

Senangnya Nge-Blog

Posted by Tia Roozanty at 8:10 PM
Reactions: 
0 comments Links to this post
Assalamu'alaikum ๐Ÿ˜Š

Pagi ini ceritanya dapat e-mail yang isinya new comment di salah satu postingannya blog aku. Dalam hati berkata ternyata masih ada yang baca ....... Dua tahun vakum nggak nge-blog!! Kangen? Bangeeett.....!!! Moga-moga sebelum tahun ini berakhir ada beberapa posting yang terealisasikan dan terpublikasikan....hihi... Semangaaaat Kaka!! ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

                                                                          
     

Kesenangan yang didapat dari seorang blogger adalah jika blog kita ramai pengunjung....yaeyalaaah! Eh tapi ada yang lebih lebih dari itu. Yaitu saat isi blog kita jadi bernilai manfaat untuk yang membaca. Udah gitu dikasih komentar .....dudududuuuu ...Happy deh. Alhamdulillah nikmat ๐Ÿ˜‹

Seperti pagi ini. Ternyata posting blog aku itu banyak juga komentar nya dan baru aku baca....dan hampir semua berterima kasih. Terharuuuuuu.......๐Ÿ˜‚
Alhamdulillah senangnya jika jadi manfaat bagi yang lain. Seperti yang dikatakan Rasulullah SAW. :
"Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

"Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat buat manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan kedalam diri seorang muslim" (HR. Thabrani)

Siapa sih yang tak mau jadi orang baik. Blog juga bisa jadi sarana penebar kebaikan..... Ayooo nge-blog lagiiiii......

Nge-blog nggak susah kok. Cari aja tutorial nya di Google ... Yah aku juga dulu gitu. Ayo semangat untuk jadi yang bermanfaat ๐Ÿ˜„

Wassalamualaikum ๐Ÿ˜Š


Friday, December 13, 2013

Ada Apa Dengan Hati

Posted by Tia Roozanty at 3:37 PM
Reactions: 
3 comments Links to this post

Musim terus berganti sejalan denyut kehidupan
Hitam putih awan berarak bergantian menghiasinya
Hujan lalu terik, matahari kemudian bulannya
Bintang diujung semesta berselimut kesendirian

Setiap detik mulai memperhitungkan kemungkinan
Hari menjadi sangat cepat terlewati tanpa kesan
Hembusan nafas menjadi berat terseret waktu
Ingin rasanya berhenti lalu teriakkan bosanku

Ada apa dengan hati?
Selalu saja mengajak lara mengitari kembali
Kisah yang sudah terlewati dan teranggap mati
Lalu menari-nari di sudut mata dan menanarkan
Rasa yang menyakitkan yang patut diabaikan

Oh, wahai hati.... Dengarkanlah
Bisakah kau ganti lirihmu itu dan berhenti merasa
Bersalah dan gelisahmu itu sangat menyulitkan
Tak bisakah mereda ketakutanmu itu, merasa
Terpuruk semakin dalam di kubangan kelemahan

Tolonglah.... Hentikan dukamu!!
Mungkin jiwa ini tandu
Bilakah kan diam menangis
Jangan ajak diriku dalam nestapa

Ku tahu kau tak mampu membayangkannya
Ku mengerti ini sangat sulit diterka
Namun ku bertanya apakah masih ada masa
Dimana kau bisa berdamai dengan rasa

Pejamkan mata ini bila memang saatnya
Menarik mundur waktu yang merisau
Biarkan saja butir air mata itu
Mungkin memang harus jatuh membasahi

Ahh.... Begitu lemahnya kau
Tapi memang ini resahnya
Menyakitkan untuk dipendam
Meski tak mampu untuk dikisahkan

Dan ku bertanya padamu hati
Bisakah kita selesaikan ini dengan lapang
Jalan yang terjal ku akui
Tapi.... Bisakah kita selesaikan dengan baik

Ingat kembali bagaimana kau bahagia
Usaikan sudah sedih mu itu
Sebelum semua berhenti di suatu detik
Saat cermin tak lagi menangkap ekspresi itu



Oleh : Tia Nilam Roozanty 13.12.13


Suatu Ketika Di Subuh Hari

Posted by Tia Roozanty at 3:12 PM
Reactions: 
0 comments Links to this post

Menanti pagi di kesunyian kegelapan
Jika gemericik air mulai terdengar
Saat embun mulai membasahi dedaunan
Disana burung-burung merapikan sayapnya

Desir angin perlahan membawa nafas subuh
Terbangun dari lelahnya perjalanan mimpi
Ditinggalkannya bunga-bunga tidurnya
Yang berwarna-warni menghiasi malamnya

Derap langkah pencari harumnya syurga
Melangkah maju di keheningan
Tak berhenti meski kelam berselimut dingin
Satu keridhoan yang tertuju, rumahNya

Kencana sang surya belum lagi datang
Kalimat penyeruMu syahdu bersautan
Ayam-ayam menegakkan kepalanya
Pepohonan seraya tunduk pada kebesaranMu

Sudut-sudut kehidupan mulai menyapa
Kantuk bergelantung pada jiwa perugi
Senyum mengembang pada hati perindu
Tahukah, malaikat menyaksikan sujudmu

Bintang gemintang satu persatu menutup mata
Bersembunyi dalam kehangatan sinar fajarNya
Dinginnya alam pun memudar menyambut pagi
Langit melukis dirinya menghidupkan kembali awan
Dan warna-warna cerah terbentang indah

Selamat datang pagi, cerahkanlah hariku.........






Oleh : Tia Nilam Roozanty (14.09.13 ~ 04:18 AM)

Wednesday, May 1, 2013

Memulai Bisnis Online Shop

Posted by Tia Roozanty at 10:42 PM
Reactions: 
6 comments Links to this post

Assalamu'alaikum

Hay blogger, bulan April ini adalah satu tahun aku berbisnis Online Shop, alhamdulillah. Banyak sekali pelajaran yang aku ambil dari perjalanan satu tahun ini. Meski termasuk baru merambah dunia bisnis yang satu ini, banyak sekali "rasa-rasa" baru yang timbul, kadang aneh, lucu sampai yang bikin penasaran.

Berbisnis Online Shop adalah salah satu langkah berani dalam hidup aku (Ciiiyeeh... Citcuwiit, hee). Bukan nekat ya.... Karena semua sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan sebisa mungkin matang. Karena memiliki Online Shop (OS) itu memang harus punya perencanaan yang baik. Inti dari berbisnis OS adalah menawarkan KEPERCAYAAN. Jadi tidak boleh main-main, harus serius. Pertanggungjawabannya ke Allah SWT looh....

Nah, di posting kali ini aku mau share apa saja yang dibutuhkan dalam memulai Bisnis Online Shop.


1.  Akun/Rekening Bank

Inilah menurut aku point utamanya. Rekening bank sebagai alat pembayaran. Sebaiknya sebuah OS memiliki lebih dari satu rekening. Untuk memudahkan pembeli bertransaksi, karena tidak semua pembeli memiliki akun bank yang sama dengan owner OS, juga agar pembeli dapat memilih bank yang mudah untuk mentransfer dananya. Sebaiknya pilih yang termasuk dalam Jaringan ATM Bersama. Atau pilih Bank yang banyak dipakai. Kalau aku memakai yang Syariah.

Setelah memiliki akun bank, sebuah OS wajib/harus punya Internet Banking. Kenapa? Untuk memudahkan pengcekkan dana masuk. Kenapa dipilih Internet Banking, karena Internet Banking bersifat real time, bisa langsung mutasi. Jadi jika ada dana masuk bisa langsung terlihat. Mudah kok ngurusnya......

Ini penting banget loh..... Karena sama halnya tidak semua manusia jujur, tidak semua OS jujur, begitu pun tidak semua pembeli jujur. Contoh nih yaa...dari pengalaman teman-teman sesama owner shop. Ada beberapa kasus, pembeli mengaku sudah mentransfer dan menyertakan foto bukti transaksi. Dengan Internet Banking (I-Banking) kita bisa cek langsung secara real time perubahan dana di rekening kita. Ada yang ternyata dana tidak ada/belum masuk, ditunggu beberapa jam sampai 3 hari belum masuk juga. Bisa jadi itu pembeli nakal, dan ternyata foto editan.

Alhamdulillah, tidak punya pengalaman seperti itu. Naudzubillahiminzalik, jangan sampai. Tapi ada pengalaman, pembeli mentransfer lewat I-Banking Bank Mandiri ke rekening aku Bank Syariah Mandiri. Setelah dicek belum masuk, eits...jangan curiga dulu. Tunggu beberapa jam, maksimal 3 hari. Klo kasus ku ini beberapa jam saja. Setelah dana masuk barulah paket dikirim. Harus diingat, jangan pernah mengirimkan barang sebelum dana transfer pembeli masuk ke rekening. No payment No shipment!!

Namun terkadang I-Banking kita juga bermasalah, misalnya ada trouble/error dari bank nya. Wah, repot dong jika harus ke ATM untuk ngecek atau ke bank untuk print out buku tabungan. Pengalaman aku, kita harus punya Nomer Telpon Customer Service Bank. Jadi bisa langsung cek dana masuk lewat telepon. Cepat dan tepat, serta tidak membuat pelanggan kita menunggu, dan barang bisa tepat waktu dikirim sehingga pembeli tidak suudzon kepada kita.


2.  Barang/Produk Yang Akan Dijual

Jenis barang yang akan kita jual sebaiknya sesuatu yang banyak dicari dan dibutuhkan. Contohnya baju, jilbab, cemilan, tas, elektronik, aksesoris dan barang-barang unik juga bisa. Ada juga loh yang jual plastik... Sebenarnya sih apapun barang dan jenisnya bisa dijual secara online, dari barang sampai jasa. Yang terpenting tidak melenceng dari norma-norma dan hukum.

Saran aku, jual barang/produk yang kita suka, mengerti tentang barang itu dan menguasai produknya. Misalnya makanan, harus tahu rasanya, sensasi saat memakannya. Atau fashion, harus mengetahui jenis bahannya, ukuran, dll.


3.  Sistem Penjualan Dan Pengadaan Barang/Produk

Setelah memilih jenis barang/produk, kemudian kita putuskan mau ready stock, ready made atau ready at supplier. Untuk ready stock, berarti kita harus nyetok barang. Untuk mendapatkan barangnya, bisa di dapat di supplier grosiran atau distributor, cari yang termurah dengan kualitas baik. Caranya bisa hunting secara online dengan bantuan eyang google, banyak yang jual grosiran secara online dengan harga bersaing, biasanya mereka jual offline/punya toko juga. Atau hunting ke pasar, seperti tanah abang.

Pengalaman ku, beli grosiran cari di internet. Cari supplier yang tidak hanya murah tapi amanah. Untuk awal tidak stok banyak barang, disesuaikan dengan modal.

Ready Made maksudnya produknya tidak stok, namun dibuat dulu. Contohnya barang/produk handmade. Seperti, bros, sepatu lukis, jilbab sulam, kue, dll. Jadi biasanya pembeli pesan dulu, baru dibikin/diproduksi. Sebaiknya meminta pembeli menyertakan uang DP (down payment) kemudian barang/pesanan diproduksi.

Namun peraturan tergantung masing-masing OS, kebetulan OS aku menjual barang handmade yaitu Jilbab Segiempat Aplikasi Sulam. Dan menyediakan barang ready stock maupun ready made. Jadi maksudnya pembeli yang ingin pesan khusus, seperti model motif sulam, atau warna yang tidak ada di katalog/album, atau warna jilbab yang diinginkan kebetulan belum restock, semua bisa pesan dahulu lalu dibuatkan. Di OS aku punya peraturan tidak perlu DP, namun ada satu syarat yaitu "sama-sama amanah". Pembeli harus amanah maksudnya jika barang pesenan sudah jadi harus segera melunasi pembayaran. Dan sebagai penjual juga harus amanah membuatkan pesanannya.

Ready at Supplier maksudnya OS tidak stok barang tetapi barang ada/stok tersedia di supplier. Biasanya OS akan memakai sistem PO (pre-order), yang mewajibkan pembeli menyerahkan uang muka/DP sebagai jaminan. Agak mirip ya dengan Ready Made.

Biasanya sistem PO masing-masing OS punya peraturan yang intinya sama yaitu menghindari kerugian di kedua belah pihak. Untuk pembeli pilihlah peraturan yang aman, dan OS yang dipercaya. Patuhi peraturannya untuk kenyamanan bersama.

OS yang memakai sistem ini biasanya para reseller dan sistem dropship (shipment .red). Reseller dan pemakai sistem dropship adalah tidak ubahnya dengan makelar. Mereka bekerja sama dengan para supplier dan mendapatkan harga khusus.

Perbedaan reseller dan dropship terletak pada pengiriman barang. Kalau dropship barang akan dikirim ke customer langsung dari supplier, jadi supplier yang mengirimakan barang. Sangat cocok untuk yang tidak mau repot masalah pengiriman.

Kalau menurut aku, yang aman adalah stok barang sendiri (ready stock) atau menerima pesanan (ready made/ready by ordering) daripada dropship. Banyak kerugian dropship, terutama masalah resi (consignment note), karena bukan kita yang mengirim barang, tapi supplier. Terkadang ada supplier yang tidak fast respon jika ditanya stok/no resi. Kalau sudah begini kita yang dikejar-kejar pembeli yang menanyakan paket/kiriman. Repot deeh.....

Jika stok barang sering ada ketakutan barang tidak laku. Aku pun begitu dulu, tapi sabar aja, coba trik-trik baru. Apakah triknya? Banyaklah berdoa...hee.... Sampai kini juga ada barang ku yang belum laku. Ada pengalaman nih... Banyak berdoa itu benar banget! Setiap memasarkan produk baru di OS, doaku adalah semoga barang laku semua. Ternyata ada saja barang yang sisa. Sabar yaaa, tetap yakin doa pasti dikabulkan. Dan benar saja, barang yang lama ada aja yang mau, akhirnya habis juga, meski agak lama.

Untuk barang yang tersisa bisa dengan memberi diskon, cuci gudang, jual murah harga nyungsep terjun payung (hehee), dll.

"Barangsiapa yang ingin ditolong Allah saat tertimpa malapetaka dan kesempitan, maka perbanyaklah berdoa disaat lapang."  (HR. Tirmidzi)


4.  Mencari Partner Kerja

Kita juga membutuhkan partner kerja. Supplier/distributor adalah contoh partner kerja kita. Carilah yang amanah, baik, satu prinsip, jujur dan mau bekerjasama. Jangan malu untuk belajar dari mereka, dengan meningkatkan kemampuan akan sangat mungkin nantinya kita menjadi supplier/distributor. Yeeeah,... Semangat lillahi ta'ala!!

Alhamdulillah, kini aku punya partner kerja yang baik, yaitu "Sang Penyulam", heheee... Dari yang tadinya jualan barang retail (eceran), sekarang aku menerima grosir, dan sudah punya reseller.


5.  Foto Produk

Dalam memasarkan produk/barang secara online, kita membutuhkan foto barang tersebut, agar mudah bagi pembeli mengetahui isi "warung" kita serta memudahkan mereka memilih produk yang ditawarkan.

Sebaiknya foto yang dipajang merupakan gambar asli barang. Agar pembeli tidak salah persepsi. Di foto terlihat bagus, ternyata barang asli yang diterima jauh berbeda.


Ini termasuk dalam adab jual-beli, yaitu kejujuran. Untuk para reseller yang memuat foto dari supplier, hendaknya mengecek kualitas barang. Apakah sama barang asli dengan foto.

Foto yang bagus memang sangat berpengaruh, namun bukan berarti barang tidak sesuai seperti yang ditunjukkan lewat foto. Dalam menulis keterangan foto atau detil barang juga tidak boleh dilebih-lebihkan, harus sesuai. Bagaimanapun, pembeli kita tidak melihat barang secara langsung dan meraka menaruh kepercayaan kepada kita.

Foto sebisa mungkin mendekati aslinya, karena meski kita memfoto barang asli kadang hasil foto kita berbeda, dikarenakan kamera yang digunakan atau pencahayaan. Jika hasil foto agak berbeda dikarena kan hal terdebut tadi bisa dijelaskan di keterangan foto.

Kalau aku fotonya menggunakan kamera hp, hehee... Lumayan kok hasilnya, bahkan banyak yang bilang bagus, ada yang menyangka diambil menggunakan kamera bagus. Padahal kamera jadul, hp samsung monte :p

Sebisa mungkin hasil fotoku sama dengan yang warna jilbab yang asli. Foto juga dapat diedit ditambahkan logo OS , watermark dan keterangan di fotonya.


6.  Alat Tempur Pengemasan Produk dan Paket (Packaging)

Barang/produk dikemas dengan baik, bahan dan alat pengemasan yang digunakan tergantung produknya. Contohnya, buble wrap untuk barang elektronik dan pecah belah, plastik kemasan berperekat untuk pakaian dan jilbab, plastik mika untuk aksesoris, alat sealer untuk yang jual makanan dan banyak lagi.  Ada juga yang memberi tag nama OS di produknya.

Untuk pengemasan paket yang akan dikirim harus diperhatikan keamanannya, agar tidak rusak atau tercecer saat jasa ekspedisi melakukan pengiriman. Perlengkapan untuk membungkus paket disesuaikan dengan barang yang akan dikirim dan faktor keamanan. Pilihlah juga yang mudah kita gunakan. Contohnya kardus, plastik atau kertas. Untuk menghemat biaya pengepakkan bisa dengan menggunakan barang bekas. Seperti kardus bekas namun bersih atau plastik yang sudah digunakan. Kalau aku memakai plastik berbentuk kantong, seperti plastik oval-handle, plastik soft handle, namun terkadang jika isi barang kiriman banyak memakai plastik kresek yang tebal. Sekarang banyak OS yang menjual plastik berbagai ukuran dan motif untuk membungkus. Semua pembungkus bisa bekas juga bisa yang baru. Namun menurut aku, jika pembungkusnya bagus punya nilai plus tersendiri.

Setelah itu peralatan tempurnya. Ada esolatip bening (besar dan kecil), gunting, lakban, dll. Semuanya penting, untuk menjamin keselamatan paket sampai dengan baik ke tangan customer.


7.  Koneksi Internet, Gadget dan Media Online

Yup... Namanya juga Online Shop, ya harus memakai jaringan internet. Pilihlah jaringan internet yang stabil agar kegiatan perniagaan berjalan lancar.

Lalu, gadget yang digunakan. Bisa komputer pc, laptop, Ipad, pc tablet, minimal smartphone.

Kemudian memilih Media Online yang nyaman untuk menawarkan barang dan bertransaksi. Ada Facebook, Twitter, Kaskus, Tokopedia, Dinomarket, Tokobagus, Berniaga.com, dan blog gratis.


8.  Memilih Jasa Ekspedisi dan Memiliki List/Daftar Tarif Ongkos Kirim (Ongkir)

Dalam memilih jasa ekspedisi, carilah yang jangkauan dan jaringannya luas hingga ke pelosok negri, serta mampu memberikan informasi tracking. Seperti JNE atau PT. POS INDONESIA. Tarif JNE memang cukup mahal, biasanya aku memakai PT. POS sebagai second option jika customer ingin tarif yang lebih murah. Untuk paket kilat khusus estimasi 4 hari kerja, namun jika alamatnya di pelosok bisa 7 hari. Pernah mengirim paket via POS ke salah satu kecamatan di kabupaten kutai timur yang merupakan daerah pemekaran. Ternyata untuk sampai ke cabang kantor pos terdekat harus melewati jalur air. Sehingga paket sampai 7 hari.

Agar tidak repot cek ongkir di web site jasa ekspedisi, sebuah OS ada baiknya memiliki daftar ongkos kirim dari kota tempat OS tersebut/kota paket dikirimkan. Bisa berbentuk pdf (bisa searching di google), atau pinjam dari agennya untuk di foto copy. Untuk PT. POS, biasanya aku langsung telpon customer servicenya, dinomer 161 (harus lewat telpon rumah). Bisa tanya tracking juga, petugasnya ramah, lagunya apalagi....lucu banget....(hihii, ^^v ).

Beberapa OS membuat peraturan pengiriman. Contohnya seperti ini, setelah barang dikirim dan no. resi diberikan, maka setelahnya sudah bukan tanggungjawab OS, namun merupakan tanggung jawab jasa ekspedisi. Kalau menurut aku, tanggungjawab owner OS baru akan selesai hingga paket/barang pesanan sampai ke alamat customer. Jadi, sebaiknya owner OS terus memantau pengiriman paket. Dan untuk para pembeli harus bersabar, tidak selalu menanyakan "kapan sampai". Silahkan cek tracking paket kalian di web site jasa ekspedisinya, dengan no. resi yang sudah diberikan. Karena, itulah tujuan OS memberikan no. resi :)


9.  Mengetahu dan Memahami Adab Jual Beli

Ada 6 prinsip perdagangan yang harus dipenuhi dalam berbisnis. Yaitu :

a).  Shidiq (Jujur)
b).  Amanah (Tanggungjawab)
c).  Tidak Menipu
d).  Menepati Janji
e).  Murah Hati
f).  Tidak Melupakan Hari Akhir

Di bawah ini beberapa petunjuk umum dalam adab jual-beli atau tata cara dalam berdagang atau bermuamalah yang diamalkan pada masa Rasulullah Shallalahu Alaihi Wassalam, antara lain:

1). Tidak boleh ada pemaksaan transaksi, jadi semua berdasarkan kebebasan untuk memilih, termasuk memilih alat tukar. Haram hukumnya memaksakan hanya satu alat tukar atau memaksakan hanya dinar dan dirham tertentu saja. Imam Malik menyatakan yang disebut alat tukar adalah semua komoditi (yang memenuhi syarat sebagai uang) dan diterima secara umum.

Mau tahu contohnya? Ada OS untuk produk tertentu bisa dibayar dengan pulsa. Contoh produknya yang sedang marak adalah Thema BB. 

2). Rasulullah shallalahu alaihi wassalam menyebutkan alat tukar adalah emas, perak, kurma, gandum, jewawut dan garam, kalau tidak ada semuanya beras atau komoditas sejenis diperbolehkan.

3). Barang siapa yang membuat kontrak, maka hendaknya kontrak dibuat dalam ukuran yang ditentukan dan harga yang ditentukan serta jadwal masa (pemenuhan) yang ditentukan pula. (HR. Muslim: Kitab al-bay’ah)

"Apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkannya, maka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakan (apa yang ditulis itu), dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun dari hutangnya …. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi laki-laki …."

(Q.S. al-baqarah, 2:282)

Yang nomer 3 ini sepertinya cocok untuk barang-barang PO (pre order), jadi tidak ada pembeli yang cancel barang padahal barang sudah dipesan ke supplier dan menuntut refund. Jadi sangat disarankan untuk pembeli barang PO agar membaca peraturan yang telah dibuat oleh masing-masing OS.

4). Tidak halal bagi seorang muslim menjual satu komoditas yangg memiliki cacat, kecuali cacat tersebut diperlihatkan kepada pembeli. 
(HR. Bukhari)

5). Dari Abdullah bin Umar r.a., katanya Rasulullah saw. bersabda:
"Janganlah kamu menjual menyaingi harga jual orang lain, dan janganlah kamu menyongsong membeli barang dagangan sebelum di bawa ke pasar."

7). "Bersumpah membuat satu barang terjual namun menghilangkan berkah." (HR. Muslim)

"Berhati-hatilah, jangan kamu bersumpah dalam penjualan. Itu memang melariskan jualan tapi menghilangkan barokah." (HR. Muslim)

Oleh sehab itu, Nabi selalu memperingatkan kepada para pedagang untuk tidak mengobral janji yang cenderung mengada-ngada, agar barang dagangannya laris terjual, lantaran jika seorang pedagang berani bersumpah palsu, akibat yang akan menimpa dirinya hanyalah kerugian.

8). Hakim ibn Hizam meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda,

"Dalam transaksi jual-beli selalu ada hak untuk memilih selama keduanya (penjual dan pembeli) belum berpisah atau hingga keduanya berpisah. Apabila keduanya jujur dan menjelaskan semuanya, keberkahan akan bersama jual-beli mereka. Namun bila kedua-duanya menutup-nutupi dan berdusta, niscaya keberkahan itu tercabut dari keduanya."

9). Salah satu cara lama yang telah dipraktekan sejak dahulu adalah menipu dalam berdagang adalah menjual barang dengan berat atau timbangan yang lebih rendah dibandingkan standar.

"Dan sempurnakanlah timbangan apabila engkau menimbang, dan timbanglah dengan neraca yang benar … " (QS al-Isra, 17:35)

10). Dari Abdullah bin Umar r.a., katanya: "Seorang laki-laki bercerita kepada Rasulullah saw. bahwa dia ditipu orang dalam hal jual beli. Maka sabda beliau, "Apabila engkau berjual beli, maka katakanlah: Tidak boleh ada tipuan."

11). Orang yang merusak pasar muslim untuk menaikan harga, maka kewajiban bagi Allah untuk menjerumuskannya kedalam api yang menyala pada hari perhitungan. (Musnad, Abu Daud)

12). Memberikan kelonggaran waktu bayar utang bagi yang sulit. "Seorang pedagang memberi pinjaman kepada beberapa orang ketika melihat seorang yang mengalami kesulitan (untuk bayar hutang) ia berkata kepada para pembantunya  "biarkan dia (maafkan) semoga Alloh memaafkan kita""(HR.Bukhori : 2078).

13). Bersedekah sebagai penghapus jika terdapat kecurangan, Nabi Salallohu ‘alaihi wassalam Bersabda "wahai para pedagang sesungguhnya setan dan dosa hadir dalam transaksi maka bersihkan dengan sedekah" (HR. At-Tirmidzi) ‎


10.  Mempersiapkan Hati dan Bertawakal

Mempersiapkan hati disini maksudku adalah mempersiapkan hati untuk selalu bersabar, menyerahkan segala urusan pada Allah SWT semata. Memulai bisnis apapun tidaklah semudah berkedip. Ada suka dan duka, pelajaran berbeda tiap harinya, berinteraksi dengan bermacam-macam kepribadian.

Bersabar adalah kuncinya. Barang yang tidak langsung laris, pembatalan pemesanan (cancel), lama pembayarannya sampai pembeli yang hit and run (sudah memesan lalu hilang tanpa jejak,...hee). Semua itu bisa jadi akan kita temui dalam bisnis ini. Harus sabar menghadapinya, jangan marah kesal sampai ditulis di status Facebook, bahkan langsung blacklist dan mempublikasikan ke penjuru Facebook...hehee.... Jangan yaa.... Hati-hati jangan sampai malah timbul fitnah!!.

Kesabaran itu sangat menguntungkan. Menjadikan hati lemah lembut, menjadikan diri sangat tergantung sama Allah SWT, melancarkan segala urusan dan memudahkan rezeki loooh...

Jika ada customer yang tiba-tiba membatalkan pesanan (cancel) dan kita berupaya bersabar, ikhlas, insyaAllah akan datang pesanan yang lebih banyak dari barang yang tadi dibatalkan. That's true.... Do it and you will see. Semangaaaat... !!

Jadi teringat tweet-nya Ustad Yusuf Mansur. Nasehat beliau, "Raih duniamu dengan cara-cara Akhirat". Agar usaha kita bernilai harus ada doa di dalamnya. Dan agar doa dikabulkan ada usaha juga di dalamnya. Yup, apa usahanya agar doa dikabulkan? Sholat tepat waktu (diawal waktu, adzan langsung bergegas untuk sholat, tidak menunda-nunda), perbanyak sholat sunnah, puasa, doa diwaktu-waktu yang mustajab, sedekah dan perbanyak dzikir serta sholawat nabi.

"Amal yang paling utama adalah shalat tepat pada waktunya dan berbuat baik kepada kedua orang tuanya."   (HR. Muslim)

Kalau menurut ku, inilah yang membuat bisnis ini mengasyikkan. Jadi bertambah ibadahnya, jadi bergantung sama Allah (hanya berharap padaNya, hanya kepadaNya kita memohon pertolongan), jadi haus ilmu, selalu ingin terus belajar bersabar, bersyukur dan ikhlas.

"Hai Muhammad, kemuliaan seorang Mukmin terletak pada shalat malam dan kehormatannya adalah pada saat ia tak lagi bergantung pada manusia."

(HR. Thabrani & dinilai hasan oleh Syaikh al-Albรขni)


Maka, jadikan bisnis ini bukan hanya sebagai ladang pencaharian namun sebagai ladang amal juga. InsyaAllah selalu bikin semangaaaatt....!! \(^o^)/

Dengan menempatkan bisnis OS sebagai ibadah, dan hanya mencari keridhoanNya, semoga tidak ada lagi OS yang tidak jujur.

"Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada." (HR. Tirmidzi)


Semoga tidak ada sedikit pun kesombongan diri dalam penulisan posting ini, dan semoga Allah melindungi ku dari hal-hal tersebut. Memaafkan kesalahan jika ada keburukan dalam saran-saran yang diberikan. Dan semoga kita termasuk golongan yang nantinya dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada. Aamiin .....

Oiya, yang ingin melihat dagangan aku....heeheee, bisa mampir ke www.facebook.com/roozanty , Iklan ku di Tokobagus (Klik disini yoo) atau Iklan ku di Berniaga.com (Klik disini yaw). Jangan liat aja, tapi order juga yaaaa..... :p


Thanks for reading, semoga bermanfaat.

Wassalam :)





Sumber :
http://dinarfirst.org/keadilan-kejujuran-dan-adab-jual-beli-dalam-muamalah/
 

My story Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review