Wednesday, December 21, 2011

Warna-Warni Pasir Pantai Nan Elok

Posted by Tia Roozanty at 4:20 AM
Reactions: 
Salah satu daya tarik sebuah pantai adalah hamparan pasirnya. Semakin indah dan bersih semakin menariklah pantai itu. Ternyata warna pasir pantai tidak hanya putih. Di beberapa tempat di dunia warna pasir pantai ada yang merah, ungu , hijau, bahkan hitam. Biasanya warna unik pasir pantai tersebut dipengaruhi oleh mineral padat serta berbagai macam materi bumi yang terjadi akibat proses alamiah.

Berikut ini beberapa pantai dengan warna pasir yang unik.

1. Pasir Hijau Pantai PAPAKOLEA, Hawaii

Terletak dekat Ka Lae (South Point) di pulau Hawaii, pantai terpencil ini berwarna zamrud kehitaman, warna pasir didapat dari adanya batu hijau semi mulia bernama OLIVIN. Olivin adalah mineral silikat yang mengandung zat besi dan magnesium. Kristal olivin yang mengikis, keluar dari basal (lava) yang mengalir.

Tebing diatas pantai mengandung batu ini. Karena erosi tebing yang terus menerus oleh gelombang laut ekstrak kecil olivin tersimpan dipasir. Kristal-kristal olivin lebih berat massa jenisnya dari pasir di pantai dan tertinggal di belakang ketika butiran pasir ringan tercuci pergi oleh aktivitas gelombang yang kuat. Jadilah pasirnya berwarna hijau.

2. Pasir Hitam Pantai Panalu'u, Hawaii

Hawaii memiliki banyak pantai berpasir hitam. Dan Pantai Panalu'u salah satunya. Di Indonesia pun ada pantai berpasir hitam yaitu Pantai Lembeng, Bali. Pantai Punaluu ini terletak di Big Island, Hawaii. Pantai ini dikelilingi oleh pasir hitam yang terjadi oleh lava dari gunung berapi yang mengalir ke laut yang kemudian mendingin. Tetapi mengambil pasir hitam di pantai ini sangat tidak diperbolehkan.

Pantai Pasir Hitam ditemukan di pulau-pulau vulkanik di Pasifik Selatan dan Kepulauan Karibia. Suhu ekstrim yang mengakibatkan perbedaan antara air laut dingin dan lahar panas memecah lava menjadi partikel kecil yang akhirnya membeku membentuk kristal padat yang terkumpul di pantai.Yang akhirnya mempengaruhi struktur bebatuan di pinggir pantai.

Dikarenakan Gelompang pasang surut sepanjang waktu yang mengikis kristal padat, memecahnya menjadi bahan butiran kecil yang selanjutnya terproses secara alamiah. Proses pengikisan Kristal Padat oleh gelombang pasang surut tersebut akan membentuk butiran-butiran pasir.

Beberapa mineralyang berwarna gelap dari kristal tersebut memiliki konsantrasi magnetis yang tinggi dan akan menempel pada magnet jika didekatkan. Para Penambang biasanya menggunakan pasir hitam untuk menemukan endapan placer (akumulasi mineral berharga seperti emas,plutonium,titanium,tungsten dan zirkonium).

Berikut pantai berpasir hitam terkeren di dunia, Pantai Vik (Islandia), Pantai Pasir Hitam (Black Sand Beach, Prince William Sound, Alaska), Pantai Pololu Valley (Hawaii), Pantai Kehena (Hawaii), Pantai Black Sand (California), Pantai Waianapanapa Black Sand (Maui).

3. Pasir Merah Muda Pantai Merah Muda (Pink Beach), Pulau Komodo

Komodo memang menjadi daya tarik utama wisatawan mengunjungi Pulau Komodo, Indonesia. Namun, ternyata masih ada tempat lain yang layak untuk dikunjungi di pulau ini.

Tempat ini disebut Pink Beach atau Pantai Merah Muda. Seperti namanya, pasir pantai ini tidak berwarna putih seperti pantai-pantai pada umumnya. Pantai dengan pasir berwarna seperti ini hanya ada tujuh saja di seluruh dunia.

Pasir pantai ini berwarna merah muda, dikarenakan campuran yang terdiri dari sedikit serpihan karang, cangkang kerang, serta kalsium karbonat dari invertebrata laut yang berukuran sangat kecil, dan juga Foraminifera, Amuba Mikroskopis yang memiliki cangkang tubuh berwarna merah atau pink cerah.

Pantai ini masih sangat sepi, tidak ada hunian penduduk di sekitarnya sehingga kebersihan pantai ini masih sangat terjaga. Berada di pantai ini seperti bersantai di pantai milik pribadi, dengan air laut yang masih berwarna biru jernih berpadu dengan warna pasir yang merah muda.

Selain bisa bersantai anda juga dapat snorkeling atau diving di perairan pantai ini. Taman terumbu karangnya tidak kalah cantik dengan terumbu karang yang ada di Bunaken.

4. Pasir Ungu Pantai Pfeiffer, California

Pantai Pfeiffer terletak di Big Sur, California. Warna ungu pada pantai dikarenakan garnet mangan yang ada diperbukitan sekitar pantai yang terbawa tercuci turun ke pantai dan lautan karena gelombang besar air laut. Dan pasir berubah menjadi ungu.

Batu Garnet memiliki kumpulan mineral yang mempunyai kristal rhombic dodecahedrons dan trapezohedrons, serta memiliki komposisi kimia utamanya ialah kalsium, magnesium, aluminium, ferum2+, ferum3+, kromium, mangan, dan titanium. Batu garnet memiliki bermacam jenis. Hal ini karena adanya perbedaan dari komposisi kimianya dan membawa dampak pada perbedaan warna.

Semakin ke utara pantai semakin ungu. Pasir dapat berkilau dalam nuansa ungu, lavender, ruby ​​merah, merah muda atau royal purple. Tergantung pada hari (depending upon the day) mungkin maksudnya terganting cuaca/waktunya (saat pagi, siang, sore ataupun malam) warna pasir bisa berbeda.

Di sisi berlawanan dari benua, pegunungan barat laut dari Long Island mengandung piedmontite mineral, yang juga ternyata pasir pantai ungu.

5. Pasir Oranye Pantai Ramla il-Hamra, Pulau Malta Gozo

Tidak mau kalah, Ramla il-Hamra pantai di pulau Malta Gozo memiliki pasir berwarna oranye (emas kemerahan). Ramla adalah teluk berpasir terbesar di pulau Gozo dan salah satu yg paling indah di Kepulauan Malta. Teluk ini dikelilingi oleh pedesaan dan nestles bawah perbukitan yang curam dan Gua Calypso yang mitos itu.

Pasir berwarna oranye berasal dari deposito vulkanik serta batu gamping jeruk yang tidak biasa ditemukan di daerah tersebut.

Batu gamping (batu kapur) adalah batuan fosfat yang sebagian besar tersusun oleh mineral kalsium karbonat (CaCo3). Bahan tambang ini biasa digunakan untuk bahan baku terutama dalam pembuatan semen abu/portland (biasa digunakan sebagai perekat untuk memplester), industri keramik, obat-obatan, dll.

Di Indonesia lokasi yang menghasilkan batu gamping terbanyak adalah di Kabupaten Manggarai dengan cadangan mencapai 5.558.771.299m3.

6. Pasir Merah Pantai Kaihalulu, Hawaii

Hanya ada beberapa pantai merah di dunia. Untuk mencapai seperti merah cerah, pantai harus dekat sumber kaya zat besi dan memiliki sarana bagi besi untuk larut ke pantai "dan" terlindungi dari gelombang laut yang keras. Dan itulah situasi di Kaihalulu di pantai timur Maui. Besi berasal dari kerucut cinder bukit yang dihasilkan oleh gunung berapi. Pengisian terjadi karena bukit tersebut mengikis. Dan karena Kaihalulu sangat terlindungi oleh dinding laut alami semua besi tidak berakhir di laut secara cepat seperti yang terjadi di pantai lainnya.

7. Pasir Warna-Warni Pantai Pelangi (Rainbow beach), Pulau Fraser

Dan kemudian ada Rainbow Beach terletak di Pulau Fraser, Australia. Tampaknya terbayangkan, Rainbow Beach menampilkan lebih dari 70 warna yang berbeda setiap kali ombak dan angin mengayak dan menerpa pasir di sekitar.

Sebagian besar warna dapat jelas terlihat dari tebing di belakang pantai, yang terbentuk selama zaman es terakhir dan kaya akan warna kemudian dipadankan dengan lapisan serbat pelangi. Tetapi untuk melihat suguhan yang nyata, kita dapat menggali ke dalam pasir pantai untuk melihat lapisan demi lapisan berwarna, pasir warna warni yang menciptakan sebuah karya seni yang baru dengan setiap sapuan tangan.

8. Pasir Coklat Pantai Rockaway, California

Pantai berpasir coklat juga banyak di Indonesia. Seperti Pantai Baron Yogyakarta dan Pantai Ambalat Kalimantan. Warna coklat terkesan kumuh memang tetapi jika pantainya bersih kesan eksotikanya pun akan muncul.

Pantai Rockaway terletak di Pcifica, California. Pantai ini mempertunjukkan warna coklat yang lezat. Warna yang tak biasa ini terjadi ketika batu kapur berwarna abu-abu kebiruan terkikis lalu bercampur dengan greenstone vulkanik dari lereng bukit di sekeliling pantai terdebut.

9. Pasir Putih Terhalus Pantai Ngurbloat, Maluku Tenggara

Dan yang terkeren, pantai dengan pasir terhalus di dunia. Pantai Ngurbloat atau lebih dikenal oleh penduduk kota Tual dengan Pantai Pasir Panjang merupakan pantai yang menakjubkan, terletak di Desa Ngilngof di bagian barat Pulau Kei Kecil.

Pasir putihnya yang membentang sekitar 5 Km, ribuan pohon kelapa yang terhampar dipinggir pantai, air laut yang jernih membiru dan ombak yang tenang akan membuat anda betah berlama-lama ditempat ini. Kawasan ini masih sangat alami dan merupakan daerah wisata yang mudah di jangkau oleh penduduk di Pulau Kei ini.

Selain itu, warna pasir Pantai Ngurbloat ini putih cerah dan sangat lembut. Dalam kondisi mendung pun, pasir pantai tetap terlihat berkilau dan cukup menyilaukan mata. Pada saat kondisi panas terik, pasir pantai ini tidak ikut menjadi panas seperti pasir-pasir pantai pada umumnya.

Kelembutan pasir yang ada di Pantai Ngurbloat diyakini masyarakat hanya dapat ditandingi oleh kelembutan tepung. Kondisi itulah yang membedakan Ngurbloat dengan pantai lainnya. Dan kita sebagai rakyat Indonesia harus bangga dengan cara melestarikannya.


Subhanallah, begitu indah ciptaan Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang harus kita syukuri sehingga menambah keimanan kita. Semoga kita bisa mengunjungi pantai-pantai tersebut yaaahh......







Sumber :
• http://travel.spotcoolstuff.com/hawaii/unusual-beach-colors
• http://noenkcahyana.blogspot.com/2011/01/pesona-kilauan-batu-garnet.html?m=1
• http://m.kidnesia.com/Kidnesia/Indonesiaku/Propinsi/Nusa-Tenggara-Timur/Hasil-Tambang/Batu-Gamping
• http://travel.okezone.com/read/2011/10/25/408/520332/pasir-berwarna-pink-di-pulau-komodo
• http://coastalcare.org/2010/10/dream-in-color-on-the-worlds-rainbow-beaches/
• http://www.pandawafm.com/id/index.php?option=com_content&view=article&id=148:5-pantai-dengan-warna-pasir-yang-unik-&catid=12:unik&Itemid=15
• http://matadornetwork.com/trips/photo-essay-7-beautifully-bizarre-beaches/

3 comments:

Ira Oktavia Setiawan said...
This comment has been removed by the author.
Ira Oktavia Setiawan said...

Wow,,keren bgt,warna" favorit ku ,, good job sist

Ira Oktavia Setiawan said...

Wow,,keren bgt,warna" favorit ku ,, good job sist

Post a Comment

 

My story Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review