Tuesday, December 13, 2011

Sehat Dengan Padamkan Lampu Saat Tidur

Posted by Tia Roozanty at 5:10 PM
Reactions: 
Sinar cahaya saat kita tidur menjadikan kualitas tidur kita kurang baik, ini dikarenakan sinar tersebut masih berperan sebagai perangsang stimulator kerja otak. Secara ilmiah, cahaya yang ada dalam ruangan tidur akan menembus sampai bagian mata kita walaupun dalam keadaan terlelap, sinar tersebut akan memasuki ruangan stimulator yang nantinya direspon oleh otak. Dengan kata lain walaupun mata kita terpejam, tetapi jika ada cahaya yang bersinar maka otak kita akan bekerja untuk merespon atau mengartikan cahaya yang masuk tersebut.Tidur yang berkualitas adalah dimana kondisi otak benar-benar istirahat selama tertidur.

Tidur yang berkualitas di malam hari merupakan upaya optimalisasi dalam detoksifikasi untuk menetralisir toksin yang mengontaminasi tubuh. Detoksifikasi tubuh, terjadi terutama pada hati, tercapai optimal saat tidur. Mekanisme tersebut berkaitan erat dengan diproduksinya antioksidan sebagai penetral toksin. Khususnya dalam pembentukan asam amino glutathione sebagai antioksidan yang menetralisasi stres oksidatif dan radikal bebas.

Rosulullah pun juga mangajarkan kepada kita untuk mematikan lampu/lentera (api) saat hendak tidur. Dari Jabir bin Abdullah r.a, Nabi Muhammad Sholollohu 'alaihi wa Sallam bersabda,

"Tutuplah oleh kalian bejana-bejana, rapatkanlah tempat-tempat minuman, tutuplah pintu-pintu, dan matikanlah lampu, karena setan tidak dapat membuka ikatan tempat minum, pintu, dan bejana. Jika kalian tidak mendapatkan penutupnya kecuali dengan membentangkan sepotong kayu di atas bejananya dan menyebut nama Allah, maka lakukanlah. Karena tikus dapat merusak pemilik rumah dengan membakar rumahnya." (HR Muslim )

Maksud dari hadist ini adalah perintah mematikan api dan lampu sebelum tidur merupakan tindakan preventif sebelum terjadi kebakaran, juga menutup pintu sebelum tidur, di dalamnya terdapat kebaikan duniawi dan ukhrowi yaitu menjaga diri dan harta dari orang-orang yang hendak berbuat jahat, terlebih lagi dari setan.

Namun ternyata bukan hanya itu, jika di lihat dari sisi ilmiahnya. Tidur malam dalam kamar yang gelap benar-benar bermanfaat buat tubuh. Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Kesempurnaan sekresi hormon melatonin secara alami ketika masuknya malam pada kelenjar kecil di otak dikenal dengan pineal body (kelenjar pineal). Hormon ini menyebar di dalam darah yang memberikan kepada manusia rasa ngantuk. Hormon ini dikeluarkan dengan teratur namun bagi orang-orang yang telah lanjut usia mengalami pengurangan hormon ini sehingga apabila kita perhatikan pada orang-orang yang berusia lanjut tidur mereka tergangu bila dibandingkan dengan anak kecil yang menghasilkan hormon ini dengan melimpah. Semakin bertambah umur seseorang maka pengeluaran hormon ini semakin berkurang.

Keluarnya hormon ini diiringi dengan mulainya kegelapan dan pengeluarannya sedikit lalu bertambah seiring dengan waktu sampai keluar pada puncaknya ketika waktu subuh dan ketika terbit matahari berkuranglah pengeluaran hormon ini dengan sangat tajam. Dan didapati bahwa pengeluaran hormon ini berkurang dengan terkena cahaya dan akhirnya berhenti lalu memaparkan tubuh untuk terkena berbagai penyakit.

Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan.


Fungsi dan Manfaat Melationin

Sebagian peneliti ( Dominique Bonnefont-Rousselota,Fabrice Collin 2010) menemukan bahwa melatonin sebagai anti oksidan yang kuat yang mana kemampuannya melebihi 5 kali lipat kemampuan vitamin C  sehingga menjadikan melatonin sebagai anti oksidan yang paling kuat. Sebagaimana bentuk alaminya  memungkinkannya untuk melewati hambatan dari sel-sel sehingga dapat mengurangi kerusakan yang timbul dari oksidasi yang dihasilkan dari proses biologis dalam sel. Selain kemampuannya sebagai antioksidan dia juga berperan tidak langsung dalam menjalankan kerja enzim anti-oksidan.

Melatonin juga termasuk pereda rasa sakit yang bisa melemahkan rasa sakit melalui mekanisme reaksi biokimia, seperti aktivasi langsung dari reseptor morfin dan mengurangi sekresi zat inflamasi, ditambah dia bekerja sebagai antioksidan. Oleh karena itu jelaslah pentingnya tidur dalam gelap bagi orang yang menderita penyakit yang diakibatkan oleh rasa sakit.

Melatonin dapat melawan kanker, pengaruhnya datang secara alami seperti anti oksidan ditambah kemampuannya untuk mempengaruhi secara langsung terhadap sel-sel kanker sehingga dia bisa menghambat kanker ketika menyusup lewat jalur biokimia. Ditemukan bahwa melatonin pada kanker payudara berperan secara langsung pada sel-sel kanker sebagai penangkal estrogen alami, sedangkan dalam kanker prostat hormon melatonin sebagai pembunuh sel-sel kanker ketika baru tumbuh.

Sebagian peneliti ( Olcese JM et al; 2009) menemukan bahwa melatonin bisa mengurangi keganasan penyakit Alzheimer dan menghambat pertumbuhannya. Sebagaimana peneliti yang lain (Juan C. Mayo et al;2005) menemukan bahwa melatonin diperlukan untuk pencegahan penyakit Parkinson serta dalam meningkatkan efektivitas pengobatan untuk penderita parkinson.

Pada kenyataannya, Orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin memiliki resiko yang lebih rendah mengidap kanker. Maka para orang tua disarankan utk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika anak-anaknya takut pada kegelapan.

Jadi benarlah anjuran Rosulullah dalam hadist nya diatas. Bukan hanya melindungi kita dari bahaya kebakaran juga bahaya datangnya penyakit. Bahkan bahaya rekening listrik yang tinggi...hihihihii. Subhanallah.......Ayo kita biasakan mematikan lampu saat tidur agar banyak berkah.

おやすみなさい






Sumber:
• http://blogs.unpad.ac.id/suryadi/2011/01/20/tidur-menurut-tuntunan-rasulullah/
• http://waratsatulanbiya.blogspot.com/2011/09/sunah-mematikan-lampu-ketika-tidur.html?zx=3e116c36b77a66f
• http://sayyidario.blogspot.com/2010/10/riset-hadits-biologi-medis-tidur-dengan.html?m=1#comment-form

2 comments:

Tagor said...

tp takut kl dimatiin lampunya!!

Roozanty said...

Hayyaaahh.......nyanyi lagu tasya dulu deh sebelom tedur.."jangan takut akan gelap...lalalalaaa..." Heee...

Post a Comment

 

My story Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review