Tuesday, November 22, 2011

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Posted by Tia Roozanty at 4:13 AM
Reactions: 

Minum merupakan salah satu aktifitas terpenting manusia. Cairan penting dalam memelihara keseimbangan serta proses metabolisme tubuh. Bila asupan cairan ke dalam tubuh tidak seimbang dengan pengeluaran, maka dipastikan tubuh akan mengalami gangguan seperti dehidrasi. Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh hendaknya dipilih minuman yang baik dan tidak beresiko bagi kesehatan. Dan salah satunya yang terbaik tentulah AIR PUTIH , dengan proses pematangan. Para dokter juga menyarankan agar mengkonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Jika mengkonsumsi air putih kurang dari 8 gelas sehari maka tubuh kita akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah sangat berbahaya untuk tubuh. Sebab darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu. Oleh karena itu, jangan sampai kekurangan mengkonsumsi air putih.

Manfaat mengkonsumsi air putih:

1. Mempertahankan Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh


Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya.

Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, pengeluaran sisa metabolisme dan mempertahankan suhu tubuh.

2. Mempertahankan Fungsi Pencernaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit.

Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar sehingga mencegah terjadinya konstipasi. Ketika anda tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi. Dan hasilnya tentu saja buang air besar anda akan bermasalah.

3. Mempertahankan Fungsi Ginjal

Jika kita mengkonsumsi kurang dari 8 gelas, efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.

Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak.

Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urin akan mengalir bebas, jernih dan tidak berbau. Sedangkan ketika tubuh tidak punya cukup cairan, konsentrasi urin, warna dan bau akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila anda minum sedikit air, risiko anda mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas.

4. Tubuh Menjadi Segar Dan Bugar

Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Manusia lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

Air putih pun membuat tubuh menjadi segar. Saat bangun malam dan ingin melaksanakan sholat lail, air wudhu membuat kita segar dan meminum air putih sebelum dan sesudah sholat pun menambah kesegaran sehingga tidak mengantuk saat beribadah.

5. Membantu Mengendalikan Kalori

Sejak lama, orang yang sedang menjalani program diet melakukan kebiasaan banyak minum air putih sebagai strategi menurunkan berat badan. Meskipun air tidak menghasilkan efek secara langsung untuk menurunkan berat badan, menggunakannya sebagai pengganti minuman berkalori tinggi tentu saja akan sangat membantu.

Program diet akan berhasil jika anda memilih air atau minuman non-kalori sebagai pengganti minuman yang mengandung kalori tinggi. Lalu diet dengan makanan yang kaya cairan yang lebih menyehatkan, berisi dan akan membantu anda memangkas kalor.

6. Membantu Membangun Otot

Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit, akan berakibat pada kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya pun akan berkurang. Minum air saat berolahraga juga sangat penting. American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa dua jam sebelum berolahraga sebaiknya seseorang meminum 17 ons cairan.

7. Menyehatkan Kulit

Kulit sebenarnya terdiri dari 70% kandungan air, dan jika kita tidak mengkonsumsi air dengan cukup, maka kulit kita akan bermasalah. Masalah yang akan jelas terlihat adalah jerawat dan kulit kering bersisik. Selain itu akan bermunculan penyakit-penyakit kulit lainnya seperti eksim, scaling retak dan bahkan infeksi kulit. Jika kita terus menerus kurang mengkonsumsi air putih maka kulit akan tampak pucat, layu dan tidak segar serta akan mudah timbul kerutan di wajah sehingga membuat kita terlihat lebih cepat tua.

Fungsi air mengatur dan meregulasi kesimbangan alami kulit, sehingga air disebut sebagai krim alami untuk kecantikan. Meneguk segelas air putih begitu bangun pagi, lanjutkan secara teratur sepanjang hari dan segelas lagi sebelum tidur akan memperbaiki sel-sel kulit dan membuat wajah tampak lebih muda. Selain itu, mengkonsumsi air juga dapat membuat tubuh lebih rileks dan segar, serta dapat menggantikan kelembapan kulit yang hilang karena aktivitas sehari-hari.

Air juga dapat mengeluarkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah. Air yang baik bagi kulit adalah air hangat, karena air hangat mempunyai kemampuan untuk menghidrasi, meremajakan, mendetoksifikasi, memberi oksigen pada kulit, menghilangkan komedo dan memperkecil pori-pori. Sehingga akan diperoleh wajah bersih dan bercahaya.

8. Menyehatkan Jantung

Orang yang menkonsumsi air putih cukup insyaAllah dapat menurunkan resiko serangan jantung fatal 52 persen.


Dengan mengetahui manfaatnya semoga kita menjadi lebih termotifasi menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan mengkonsumsi air putih secara baik dan benar. Let's drink!!!



* Referensi dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

 

My story Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review