Tuesday, February 28, 2012

Sehat Dengan Bersujud

Posted by Tia Roozanty at 6:26 AM
Reactions: 
Terkadang kita tidak menyadari manfaat gerakan-gerakan sholat. Setiap gerakan dalam sholat punya peranan tersendiri bagi kesehatan, begitupun dengan sujud. Dengan mudahnya kita bersujud menandakan kita sehat. Jadi jangan tersiakan waktu bersujud. Dengan bersujud tandanya kita bersyukur atas nikmat sehatNya.

Gerakan-gerakan dalam shalat mirip yoga atau peregangan (stretching). Intinya untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Keunggulan shalat dibandingkan gerakan lainnya adalah shalat menggerakan anggota tubuh lebih banyak, termasuk jari kaki dan tangan.


Definisi Sujud

Menurut kamus bahasa Indonesia, sujud adalah berlutut serta menempelkan dahi ke lantai/tanah (permukaan bumi). Sujud dilakukan dengan menungging dan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.

Sujud adalah cara merendahkan diri (menyembah) kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan menghadap kiblat. Yang secara zahir (lahir/yang nampak) melibatkan lima anggota badan yang tertumpu ke bumi yaitu dahi, hidung, kedua telapak tangan, lutut dan kedua ujung kaki. Dan secara bathin adalah merendahkan akal dan hati, sambil mengucapkan dzikir atau bacaan sujud tertentu.

Falsafahnya adalah manusia menundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu sikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) gerakan ini mengantar manusia pada derajat setinggi-tingginya. Ini menjadikan sujud sebagai istilah khas umat Islam, yang tidak dapat diganti atau diterjemahkan.


Manfaat Bersujud Untuk Kesehatan

1. Kesehatan Otak

Setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal. Darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak melainkan ketika seseorang sujud dalam shalat. Urat saraf tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini berarti, darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti waktu shalat sebagaimana yang telah diwajibkan dalam Islam.

Ada saraf-saraf tertentu di otak manusia yang hanya sesekali saja di masuki darah. Bila tidak dimasuki darah sama sekali, maka akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan manusia. Untuk itulah dibutuhkan aktivitas rutin memasukkan darah ke syaraf-syaraf itu. Dan aktivitas rutin itu adalah sujud di dalam shalat ummat Islam.

Itu diperkuat lagi oleh pernyataan Prof. Hembing, yang berpendapat bahwa jantung hanya mampu memasok 20% darah ke otak manusia. Untuk mencukupi kebutuhan darah ke otak maka manusia membutuhkan rutinitas sujud. Selain sujud juga merupakan ‘aktivitas grounding’, yakni menetralisir radiasi listrik yang diserap tubuh dari perangkat listrik (elektronik) di sekitar kita. Radiasi tersebut akan sangat membahayakan organ tubuh, terutama otak, bila tidak dinetralisir secara rutin.

2. Memacu Kecerdasan

Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yamg memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Itu artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan. Risetnya telah mendapat pengakuan dari Harvard Universitry, AS. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang menyatakan masuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud.

3. Mempermudah Proses Persalinan

Manfaat lain yang bisa dinikmati kaum hawa. Saat pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot-otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama. Ini menguntungkan wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami ia justru lebih elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

4. Memperbaiki Posisi Bayi Yang Sungsang

Sujud yang teratur sangat membantu untuk memperbaiki posisi bayi yang sungsang (mal presentasi). Dimana menurut Dr. Karno Suprapto, Sp.OG, dari RS Pondok Indah, Jakarta Selatan, "Kemungkinannya kembali ke posisi
normal, berkisar sekitar 92%. Dan posisi bersujud ini tidak berbahaya karena secara alamiah memberi ruangan pada bayi untuk berputar kembali ke posisi normal". Itu sebabnya kini, banyak rumah sakit bersalin yang menganjurkan terapi sujud, bagi para wanita hamil.

5. Memperkuat Otot Dada Dan Memperlancar Produksi Asi

Sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada. Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggaan wanita. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.

Menurut penelitian Prof. H.A Saboe yang berkebangsaan German, sujud juga berguna untuk membentuk dan memperbanyak kelenjar susu pada payudara wanita hamil, sehingga produksi ASI akan bertambah banyak dan lancar.


Subhanallah, semua ajaran yang diperintahkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan sunnah Rosulullah selalu memberi manfaat kepada yang melaksanakannya. Baik secara batiniah maupun lahiriah. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma'ninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir.

Seperti yang saya tulis di kalimat pembuka, bahwa sujud adalah anugerah bagi yang melakukannya. Nikmat sehat yang diberikan Allah kepada kita. Tidak semua orang dapat bersujud. Terpikirkah anda betapa beruntungnya anda dapat bersujud dibandingkan orang yang sakit hanya dapat menikmati sholat dengan terlentang di kasur, melihat iri kearah anda bersujud. Jangan pernah sia-siakan nikmat Allah ini.

Nikmati sholat mu selagi sehat, sebelum datang sakit mempersulit ibadah. Nikmati sujudmu selagi itu mudah untukmu. Nikmati saat-saat terdekatmu dengan Sang Khalik......


Wallahu a'lam







Sumber :
• id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/2218025-keajaiban-sujud-bagi-kesehatan/
• solehan-belajaragama.blogspot.com/2011/07/keutamaan-sujud-bagi-kesehatan.html
• http://prisma99.student.umm.ac.id/2010/08/24/manfaat-sholat-bagi-kesehatan
• Al Jihadu Fi Sabilillah | Manfaat Sholat Bagi Kesehatan. pdf

0 comments:

Post a Comment

 

My story Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review